Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan -, seperti yang kita kenali bahwa seseorang wanita senantiasa melalui sebagian fase perubahan fisiologis badan, satu diantaranya yaitu saat haid atau menstruasi. 

Nah Ketika Menstruasi atau haid ini, salah satu permasalahan yang seringkali dikeluhkan kaum hawa yaitu rasa nyeri waktu alami haid atau menstruasi. Dalam dunia medis, situasi ini di kenal juga sebagai dismenorrhea. 

Sesungguhnya nyeri waktu haid adalah hal yang wajar dihadapi oleh seseorang wanita. Cuma saja bila hal itu telah mengganggu kesibukan serta kehidupan sehari-hari, jadi butuh memperoleh perhatian. 

Nyeri waktu haid dapat dibedakan jadi 2 jenis, yakni nyeri primer serta nyeri sekunder. 

Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan
Nyeri haid primer yaitu nyeri haid yg tidak terkait dengan kelainan patologis yang datang dari panggul serta organ di dalamnya. Umumnya nyeri ini berlangsung 2 hingga 3 th. sesudah haid pertama serta meraih puncaknya waktu wanita mencapai umur 15 hingga 25 th.. 

Rasa nyeri itu bakal alami penurunan intensitasnya bersamaan dengan bertambahnya umur serta menghilang waktu wanita melahirkan. Umumnya nyeri bakal merasa 24 jam saat sebelum haid serta selesai 24 hingga 36 jam sesudah haid berhenti. Beberapa gejala yang bisa mengikuti diantaranya mual, muntah, sakit kepala, kuatir, gelisah, diare, pingsan, serta perut kembung. 

Bila nyeri waktu haid nampak waktu berusia kian lebih 20 th. jadi ini masuk dalam kelompok ke-2 yakni nyeri haid sekunder. 

Nyeri haid sekunder yaitu nyeri haid yang mempunyai dengan kelainan yang datang dari panggul serta organ di dalamnya. Umumnya nyeri haid sekunder berlangsung 2 hari atau lebih saat sebelum haid diawali serta rasa nyeri bakal makin hebat waktu haid, lantas menghilang 2 hari atau lebih sesudah haid berhenti.

Beberapa kelainan yang dapat menyebabkan nyeri haid sekunder antara lain :
  1. endometriosis
  2. msterssindroma Allen
  3. sindroma kongesti pelvis
  4. kista ovarii dan tumor
  5. penyakit infeksi panggul
  6. adenomyosis
  7. moster
  8. myoma uteri
  9. sindroma asherman
  10. polip uteri
  11. kelainan kongenital
  12. alat kontrasepsi intra uterin
  13. stenosis dan sumbatan vagina


Untuk mengatasi rasa nyeri yang berlebihan saat mengalami haid, ada banyak hal yang bisa dilakukan mulai dari hal yang sederhana, pemakaian obat-obatan, hingga terapi hormonal.

Berikut ini beberapa tips dan cara mengatasi nyeri saat haid secara alami, antara lain:

Lakukan Pijatan Lembut Perut Bagian Bawah

Pijatlah perut bagian bawah kamu secara ringan dan lembut. Hal ini dapat meredakan rasa nyeri yang kamu alami, kemudian usap-usap mengunakan telapak tangan secara perlahan dibagian bawah perut kamu.

Mengkonsumsi Minuman Hangat

Mengkonsumsi minuman hangat cukup ampuh dan sudah banyak yang mencobanya. Kamu bisa mencoba untuk meminum minuman hangat atau makanan hangat seperti jahe hangat atau sup hangat.

Kompres Perut

Mengatasi rasa nyeri saat haid juga bisa dilakukan dengan mengkompres perut kamu dengan air hangat menggunakan handuk dan biarkan beberapa saat.

Tidur-Tiduran

Hal ini juga bisa kamu coba, tidur-tiduranlah dan cari posisi tidur kamu senyaman mungkin dan tariklah nafas secara perlahan kemudian hembuskan secara perlahan juga.

Olahraga Ringan

Biasanya saat haid badan kita menjadi terasa pegal-pegal. Nah oleh sebab itu jangan malah malas untuk berolahraga, justru dengan sedikit olahraga ringan rasa pegal-pegal itu bisa hilang.

Jangan Sembarangan Menkonsumsi Minuman

Hindarilah minuman yang dingin serta berakohol kemudian gantilah dengan minuman hangat atau panas untuk mengurangi rasa nyeri.

Artikel lainnya:


3 Responses to "Cara mengatasi nyeri haid yang berlebihan"

wdcfawqafwef