Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?

Kista ovarium yaitu suatu kantung diisi cairan yang tumbuh di indung telur (ovarium). Umumnya kista ovarium tidaklah beresiko serta dapat menghilang dengan sendirinya tanpa ada perawatan spesial. Kemunculannya juga kerap tak dibarengi tanda-tanda. 



Tanda-tanda baru dirasa saat kista sudah jadi membesar, pecah atau menutupi suplai darah ke ovarium. Bila telah masuk step itu, Anda bakal rasakan beberapa gejala seperti :

  1. Perut kembung
  2. Sering buang air kecil
  3. Perubahan siklus menstruasi
  4. Mual, muntah, atau nyeri payudara seperti saat yang Anda rasakan saat kehamilan
  5. Gangguan pencernaan atau mudah kenyang padahal Anda hanya makan sedikit
  6. Nyeri sebelum menstruasi tiba atau sebelum menstruasi berakhir

Bagaimanakah Mendeteksi Kista Ganas? 

Ada tiga langkah yang bisa menolong Anda tahu apakah kista yang Anda punyai punya potensi mengakibatkan kanker atau tak. 
  • Status menopause. Seseorang wanita yang sudah menopause punya potensi lebih tinggi mempunyai kista yang berbentuk kanker. Menopause didefinisikan juga sebagai berhentinya siklus menstruasi seseorang wanita. Biasanya hal semacam ini berlangsung pada wanita berumur 50 tahunan. 
  • Tes darah CA-125. Kandungan CA-125 pada seseorang pasien kanker ovarium biasanya tinggi. Anda punya potensi mempunyai kista yang berbentuk kanker bila kandungan CA-125 Anda tinggi. Tetapi, ini tak dapat jadi hanya satu Kandungan CA-125 seseorang wanita dapat juga bertambah saat ia menstruasi, hamil, atau mempunyai kista jinak. 
  • Ultrasonografi atau USG. Langkah tersebut dapat dipakai untuk mendeteksi type, ukuran serta letak. Sepanjang kontrol, dokter bakal meletakkan alat USG pada perut Anda serta sepanjang itu isi rongga panggul Anda dapat tampak pada suatu monitor monitor.

1 Response to "Kapan Kista Jinak Berpotensi Menjadi Ganas?"

wdcfawqafwef